Sabtu, 10 Agustus 2013

Lotus

LOTUS (NELUMBO Sp),
Bunga lotus memiliki nama ilmiah Nelumbo nucifera, Nelumbium nelumbo, Nelumbo speciosa, Nelumbium speciosum. Di Indonesia dikenal dengan bunga seroja, sedangkan di beberapa negara dikenal dengan Sacred Water Lotus, Sacred Lotus, and Chinese Arrowroot, dan lain-lain. Bunga lotus memiliki makna kelahiran kembali dan pencerahan spiritual, mewakili kesucian, umur panjang, kehormatan, kesehatan dan keberuntungan.

Baik lotus  merupakan tanaman air yang hidup di empang, kolam, waduk, rawa dan danau. Lotus sangat menyukai perairan yang menggenang dengan tingkat kedalaman sedang sampai dangkal, terutama yang dasarnya berlumpur. Umbi (bonggol) lotus  bisa mencapai dua kepalan orang dewasa. Dari bonggol ini akan tumbuh tangkai daun, bunga, rizoma dan akar. Batangnya tumbuh tinggi ke atas. Daun-daun lotus menyembul jauh ke atas permukaan air juga tumbuh ke atas. Tangkai lotus kaku, keras dan kuat.

Lotus berkembang biak dengan rizoma (perkembangbiakan vegetatif)  dan berkembangbiak dengan bijinya (generatif). Biji lotus diperoleh dari buah yang terbentuk setelah terjadi penyerbukan. Setelah mekar sempurna, bunga lotus tetap berada jauh dari permukaan air. Bakal biji tumbuh pada "buah" yang merupakan pangkal bunga berbentuk cawan. Dalam satu buah lotus, hanya akan tumbuh belasan biji. Ukuran biji lotus memang cukup besar dengan diameter 1,5 cm. Kulit biji lotus berwarna hitam dan cukup kuat. Biji lotus yang telah cukup tua, akan lepas dari "cawannya" dan jatuh ke permukaan air. Biji ini akan mengapung lalu terbawa air menjauh dari induknya. Setelah agak lama berada di permukaan air, kulit biji lotus akan basah. Biji akan menjadi berat lalu tenggelam, menyentuh lumpur dan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

MANFAAT LOTUS
  • 1.   Bijinya bisa sebagai sumber pangan potensial karena kaya protein, misalnya untuk membuat kue dan minuman.
  • 2. Umbinya bisa untuk membuat acar, tumisan, dan keripik. Jika rajin mengkonsumsi, Insya Allah bisa terbebas dari demam, batuk, dan hipertensi.
  • 3.  Daunnya bisa dimanfaatkan ubtuk penurun panas dan menghentikan pendarahan.
  • 4.     Selain keindahan, aroma lotus juga bermanfaat sebagai pengobatan energi yang diyakini dapat meningkatkan vitalitas dan efek menenangkan.
  • 5.     Benang sari lotus biasa dipakai wanita Tiongkok sebagai bahan baku masker penghalus kulit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar